Tadarus Al-Quran Selama Ramadhan Di SMK Nurul Huda Ngawen

Blora, 23 Maret 2019, Bulan Ramadan adalah bualan penuh berkah yang selalu dinantikan kedatangannya oleh kaum Muslimin, Ramadan juga disebut sebagai bulan penuh ampunan didalam bulan Ramadan segala amal baik kita dilipat gandakan oleh Allah SWT, sehingga ketika Ramadhan tiba umat Muslim seluruh dunia berlomba – lomba untuk memperbanyak kebaikan. Di SMK Nurul Huda Ngawen setiap bulan Ramadhan juga memiliki kegiatan rutin diantaranya Pesantren kilat dan Tadarus Al-Qur’an dan pada akhirnya dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an, kegiatan – kegiatan ini sudah terlaksana sejak awal mula berdirinya SMK Nurul Huda tahun 2008, sebagai kegiatan rutin tiap bulan Ramadhan.

Dari hal tersebut karena SMK Nurul Huda Ngawen adalah SMK yang berbasis Pondok Pesantren juga tidak pernah mensia – siakan kedatangan bulan Ramadhan. Ramadhan kali ini jatuh pada bulan Mei, dimana SMK Nurul Huda Ngawen Melaksanakan PAT ( Penilaian Akhir Tahun), walaupun PAT kali dilaksanakan pada bulan Ramadhan tetapi tidak menjadikan penghalang bagi kami untuk melaksanakan rutinan yang sudah kami laksanakan selama ini.

 Seperti kegiatan Tadarus Qur’an,  kegiatan ini tetap dilaksanakan walaupun pelaksanaannya bersamaan dengan PAT, kegiatan khotmil Qur’an sendiri dilaksanakan 15 (lima belas) menin sebelum pelaksanaan PAS dimulai yakni dari jam 07:15 hingga jam 07:30, untuk mensikapi haltersebut peruang dibentuk beberapa kelompok darus dan setiap kelompoknya ditargetkan untuk menyelesaikan 8 halaman dalam waktu selama PAT itu berlagsung, dan target PAT selesai maka hatamlah Qur’an 30 Juz.

Pada pelaksanaan tadarus Al-Quran konsep yang kami gunakan “dalam satu kelompok satu siswa membaca dan yang lain menyima’ bacaan dari si pembaca Qur’an, dan setelah si pembaca mendaptkan beberapa ayat, gantian bacaan Qur’an dilanjutkan oleh teman yang lain dan berlanjut seterusnya”. Siswa terlihat sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dan kegiatan tersebut seolah – olah sudah mendarah daging pada diri mereka hal tersebut terbukti tanpa mereka disuruh mereka sudah membuat kelompok dan melanjutkan Tadarus lanjutan dari kemarin.

 Dibulan Ramadan ini semoga semua amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan semoga kita semua mendapatkan hadiah tertinggi pada bulan Ramadhan yaitu Lailatul Qodar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *