Kembali menambah mitra kerja sama dengan PT Indobismar

Blora, 31 Desember 2022, Kerjasama antara industri dengan dunia pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan hal yang penting terlebih saat ini sektor pendidikan memiliki tugas besar, untuk dapat mengenal dan mengetahui secara riel apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga SMK Mampu mempersiapkan skil, sesuai dengan skil yang dibutuhkan perusahaan,
agar siswa lulus sudah memiliki skil yang di butuhkan tersebut dan keterserapan tenaga kerja dari setiap lulusan bisa lebih maksimal, sehingga mampu mengurangi jumlah angka pengangguran pasca kelulusan.

SMK juga memiliki tugas lain untuk meningkatkan penguasaan teknologi dan kompetensi sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri.
Menurut buku Strategi Implementasi Revitalisasi SMK : 10 Langkah Revitalisasi SMK, oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terdapat beberapa jenis kerjasama SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Kerjasama yang baik dan saling menguntungkan sangat penting untuk menunjang tercapainya program sekolah. Pengembangan sekolah akan lebih optimal bila kerjasama dengan Instansi terkait Dunia Usaha/Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian tertuang dalam MOU/kesepahaman/naskah perjanjian kerjasama.

Pelaksanaan kerjasama dengan DuniaUsaha/Industri antara lain dapat berupa, pertama, validasi isi. Validasi isi berupa penyelarasan kegiatan pembelajaran yang tercakup dalam struktur kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Tujuannya sekolah dapat menyiapkan perangkat kurikulum pada kompetensi keahlian yang dibuka untuk divalidasi industri, sekolah dapat menyerap masukan DUDIuntuk diterapkan dalam bentuk kurikulum implementatif atau kurikulum industri.

Kedua, berupa kunjungan Industri (KI). KI dilakukan untuk memberikan wawasan mengenai dunia kerja yang akan dihadapi oleh peserta didik sebelum mengikuti programpraktik kerja industri. Ketiga berupa guru tamu, bertujuan untuk memberikan gambaran tentang profil perusahaan, membantu menerapkan proses pembelajaran di sekolah agar sesuai dengan kebutuhan industri dan memberikan materi pembelajaran langsung kepada peserta didik.

Maka dari itu SMK Nurul Huda Ngawen terus meningkatkatkan kerja sama dengan banyak perusahaan agar keterserapan lulusan oleh dunia industri semakin besar salah satunya dengan PT Indobismar, yang beralamat di Jl. Bendul Merisi Selatan XI No.59-61, Bendul Merisi, Kec. Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur 60239 , kami melihat potensi besar, dan komitmen perusahaan dengan dunia pendidikan sangatlah tinggi hal tersebut yang membuat kami tertarik untuk melakukan kerja sama. PT. INDO BISMAR merupakan Perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang telekomunikasi, yang menyediakan Handphone, Laptop, PC, dll., selain itu juga mempunya divisi lain seperti, Rental Mobil, percetakan, Restoran dan tempat rekreasi.


Untuk mewujudkan kerja sama tersebut kami sengaja datang langsung ke perusahaan agar dapat mengenal lebih jauh mengenai perusahaan tersebut, sekaligus bertemu langsung dengan CEO peruhaan, sehingga bisa bertanya banyak hal mengenai visi misi perusahaan tersebut agar kami semakin yakin untuk melakukan kerja sama.


Bentuk komitmen dalam kerja sama ini kami akan mengirimkan Guru mangang, dan dilanjutkan dengan siswa siswi kami yang magang di perusahaan tersebut di kemudian hari, sesuai kesepakatan dan jadwal yang sudah ditentukan. Semoga kerja sama ini bisa saling menguntungkan di kedua belah pihak, dan membawa kemaslahatan bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *