Mengenal Lebih Dalam Tentang Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Nurul Huda Ngawen

Di zaman modern seperti sekarang, kita tidak bisa lari dari yang namanya teknologi, mulai dari hal yang paleng sederhana pun membutuhkan adanya teknologi. Dari berbagai usiapun sudah banyak yang megerti tentang teknologi, itu merupakan salah satu bukti kita tidak bisa menghindar akan perkembangan teknologi.

Oleh dari itu banyak perusahaan-persuahaan sekarang yang membutuhkan adanya seseorang yang ahli dalam bidang teknologi untuk mengembangkan perusahaannya. Oleh dari itu Sekolah Menengah Kejuruan patutu untuk diperhitungkan agar tidak kalah  dengan SMA. SMK bertujuan untuk menggali bakat, membentuk generasi yang terampil dan sipa untuk bekerja di zaman serba teknologi ini.

Berbicara tentang teknologi dan smk, pastilah kita tahu tentang jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Jurusan ini adalah jurusan yang sangat banyak banyak peminatnya dari siswa yang telah lulus SMP/Sederajat. Dalam jurusan ini kita akan belajar tentang berbagai macam hal mengenai komputer dan jaringan, yang tentunya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan tujuan apa ? Sudah jelas, dengan tujuan untuk mencetak generasi yang ahli dalam bidang teknologi dan siap bersaing dengan negara lain. 

Lebih lagi sekarang adalah zamannya MEA (Masyarakat Asean), dimana kita dapat dengan bebas bekerja di wilayah ASEAN dengan bekal yang kita miliki. Dengan adanya MEA tidak menutup kemungkinan akan banyak tenaga ahli dalam bidang teknologi yang akan bekerja di Indonesia, oleh karena itu kita tidak boleh kalah.

Apasih Jurusan TKJ itu ?

Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah jurusan yang umunya ada dalam sekolah menengah kejuruan, dimana di jurusan ini kita akan belajar tentang komputer dan jaringan. Mulai dari mengenali perangkat komputer, seperti motherboard, ram, harddisk, prosesor,dll. Mengenal perangkat jaringan dan cara kongirusinya. Tidak hanya itu, dalam kurikulum yang baru, yaitu K13, dalam jurusan TKJ juga ditambahkan mata pelajaran elektronika dasar, pemrograman dasar, dan sistem operasi, jadi ilmu kita akan bertambah luas. Sejumlah mata pelajaran yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari seperti , Admin Server, Perakitan Komputer, Jaringan Nirkabel, Server Linux, Kemanan Jaringan, dll

Peluang Kerja Jurusan TKJ

Setelah lulus mau jadi apa ? apabila anda tidak ingin meneruskan ke perguruan tinggi, kerja adalah salah satu pilihan yang bida anda fikirkan. Banyak lowongan kerja dari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dari lulusan TKJ, tentunya lulusan SMK. 

Seperti menjadi seorang admin server, dalam bidang ini kita dituntut untuk bisa membuat sebuah server, menganalisa, melakukan troubleshooting dan hal lainnya yang berhubungan dengan server, bisa server windows atau server linux

Bidang perakitan komputer, menurut saya ini adalah bidang pekerjaan yang bisa dipelajari oleh oreng awam, dengan adanya kemauan, niat yang sungguh sungguh, orang awam pun bisa menjadi ahli dalam perakitan komputer, apalagi siswa tkj smk yang mempunyai latar belakang IT.

Apabila anda adalah siswa yang baru lulus SMP/Sederajat dan ingin meneruskan kejenjang SMK, dan anda adalah seorang yang ingin mendalami tentang teknologi, anda bisa masuk ke jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), sebagai gambaran sudah saya jelaskan sedikit seperti yang diatas. Sampai jumpa, dan salam anak TKJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *